//
you're reading...
Resensi Buku

To All the Boys I’ve Loved Before

allc

Judul Novel: To All the Boys I’ve Loved Before

Penulis: Jenny Han

Penerjemah: Airien Kusumawardani

Kategori: Roman, Remaja

Penerbit: Spring

Cetakan: Pertama, April 2015

Hal: 380 hlm; 20 cm

ISBN: 978-602-71505-1-5

 

        Lara Jean, anak kedua dari keluarga Song. Dia memiliki kakak perempuan bernama Margot dan adik perempuan bernama Kitty. Dia juga memiliki surat-surat cinta yang ia simpan di dalam sebuah kotak topi pemberian almarhum ibunya.

        Setiap kali dia jatuh cinta, dia akan menulis surat dan menyimpan surat itu di dalam kotak topi. Dia hanya menulis itu untuk dirinya-sendiri tanpa berniat mengirimkan surat-surat itu kepada cowok-cowok yang membuatnya jatuh cinta.

        Kepribadian Lara Jean ini terbilang romantis dan agak kuno. Dia berlebihan terhadap hal-hal sepele, seperti pesan-pesan mungil yang diselipkan di dalam loker. Tentu, dia mendambakan sosok cowok yang bisa membuatnya terbang melayang.

        Ceritanya sangat menarik untuk dibaca, apalagi waktu surat-surat itu  terkirim ke orang-orang yang pernah membuat hati Lara Jean tertambat tak karuan. Satu demi satu cowok itu menghampiri Lara Jean untuk mendapatkan sebuat penjelasan. Sampai salah satu di antara mereka menjadi pacar pura-pura Lara Jean.

        Hidupnya mulai kacau, dia tak percaya Margot yang dikenalnya sangat kuat di antara keluarga Song, menangis terisak-isak dan ternyata dia tak mengenal sepenuhnya sosok Morgot selama ini. Sungguh Lara Jean terkejut ketika membaca buku harian Margot. Di lain sisi, Margot telah mengetahui bahwa Lara Jean mengirim surat cinta ke pacarnya yang bernama Josh.

        Ada satu momen yang paling aku suka, yaitu ketika Lara Jean bersepeda dengan terburu-buru ke rumah Peter hanya untuk berkongsi soal kontrak bahwa mereka pura-pura pacaran. Rasanya cerita di dalam novel ini ada di kehidupan nyata. Bener-bener respon gelisah yang cukup bikin emosional pembaca. I like you, Jenny! That’s great!

        Alur cerita dari novel ini juga membuat penasaran dan geram karena “siapa sih sebenarnya biang keladi yang mengirimkan surat-surat cinta Lara Jean?”  “Siapa sih yang sebenarnya membuat kekacauan?”

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: