//
you're reading...
Resensi Buku

Hansel dan Gratel (dan dongeng-dongeng lain)

Judul: Hansel dan Gretel –Children’s and Household Tales

Penulis: Grimm Bersaudara

Kategori: Dongeng

Tebal: 183+I-XI hal.

Harga: Rp. 28.000,-

ISBN: 978-979-024-461-0

“Dongeng adalah sorot kehidupan masa lampau, bukan sekedar cerita fantasi.”—Grimm.

Buku ini adalah kumpulan dongeng-dongeng Jerman yang dikumpulkan oleh Jacob Grimm dan Wilhelm Grimm pada 1800-an. Keduanya menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk penelitian. Jacob dan Wilhelm telah mendengar cerita-cerita ini sejak lahir, namun kali ini mereka melihat dongeng-dongeng tersebut dari sudut pandang lain, dari mata seorang kritikus.

Dongeng-dongeng Grimm bersaudara kini adalah bagian dari kebudayaan dunia. Sejauh ini, dongeng yang dikumpulkan Grimm telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 160 bahasa. Karakter-karakter dalam dongeng-dongeng ini pun telah melompat ke berbagai media; teater, opera, buku, komik, film, lukisan, iklan, fashion, dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Sembilan belas dongeng dalam buku ini adalah dongeng asli Grimm yang diambil dari Children’s and Household Tales (Kinder- und Ha- usmarchen), diantaranya Hansel dan Gratel, Frau Holle, Gadis Angsa, Tiga Pemintal, Musisi dari Bremen, Ratu lebah, Snow-white, Rapunzel, Ashcenputtel (Cinderella), Tom Ibu Jari, Pangeran Katak, Briar Rose, Rumpelstiltskin, Raja Janggut—mengerikan, Pangeran Katak, Peri Pembuat Sepatu, Pengantin Perampok, Dua Belas Putri yang Menari, Teka-teki.

Bagi kalian yang seumuran denganku pastilah sudah pernah menonton kartun-kartun menjelang natal yang menayangkan beberapa judul di atas—yang teradopsi menjadi cerita bergambar. Aku membaca buku ini untuk sekedar koleksi dan—karena aku sangat menyukai dongeng. Anggapan sebagian orang kalau dongeng itu ‘Rekaan—tipuan—dongeng itu cuma untuk menipu anak-anak dan dongeng itu “Ah, apa sih?” dalam arti apa saja. 😀 ’ tapi bagiku dongeng itu “KEREN” haha.. apa saja judulnya pasti kalau dongeng itu keren karena banyak kejadian dalam kisah-kisahnya dapat diambil pelajaran bijaksana.

Jadi, buku ini sangat cocok bagi para orang tua yang ingin memberikan hadiah untuk anak-anak mereka, atau untuk koleksi pribadi sepertiku (-ngingetin masa kecil-) hihi..

Kover: Lumayan sih menurutku, Cuma rada kurang menarik di rumah coklatnya. Yah, seharusnya penuh warna..hueheheh.. 😀

 

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: